Iwan Setiawan

Web & graphic designer, illustrator

Love digital design, follow me @intraktives

Pada tutorial kali ini saya akan membahas property dari CSS text. Property ini akan terasa manfaatnya bila kita menangani konten dalam bentuk teks. Ada 3 property yang akan dibahas :

  • overflow
  • word-wrap
  • word-break

css position

Dalam membuat website layout, CSS position property punya peran penting untuk merancang layout seperti yang kita inginkan. Kombinasi antara CSS position property dengan kode CSS lainnya dimanfaatkan untuk menempatkan elemen tertentu di dalam layout. Sekilas konsep dari CSS position tampak sederhana dan mudah untuk dimengerti bagi pemula, namun faktanya justru sebaliknya menjadi hal yang rumit. Padahal keberhasilan memahaminya sangat membantu si designer. Namun untuk membantu memahami CSS position property ini sebelumnya perlu memahami CSS Box Model pada artikel sebelumnya. Pada tutorial ini saya akan membahas beberapa property yang digunakan dalam CSS position.

CSS box model sering disinggung saat berbicara mengenai web layout. Pemahaman konsep tentang CSS box model sangat membantu dalam memahami bagaimana suatu web element ditempatkan pada posisi tertentu yang diatur dalam CSS positioning. Dengan demikian pemahaman tentang CSS box model dan CSS positioning menjadi keharusan bagi para web designer bila ingin merancang struktur halaman website. Pada artikel selanjutnya saya akan membahas CSS positioning , namun pada artikel ini saya akan membahas konsep box model untuk membantu memahami konsep CSS positioning di artikel selanjutnya.

Drop down menu adalah  navigasi yang banyak digunakan pada website, namun dalam pembuatannya drop down menu selain menggunakan CSS juga sering dibantu dengan Javascript. Pada tutorial ini saya akan menunjukkan pembuatan drop down menu menggunakan CSS tanpa bantuan Javascript sama sekali.

Satu fitur dari CSS3 adalah kemampuan membuat multiple column pada text layout seperti yang bisa kita lihat di surat kabar.Mereka yang terbiasa membuat multiple column menggunakan CSS2 akan merasakan kemudahan dengan adanya fitur dari CSS3 ini. Membuat multiple column menggunakan CSS2 harus menggunakan float untuk membuat multiple column tersusun sejajar. Hadirnya CSS3 membantu web designer tidak lagi menggunakan float sebagaimana di CSS2.